Evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Program Learning Outcomes (PLO) Prodi S2 Pendidikan Sains


Program Studi Pendidikan Sains menghasilkan lulusan dengan gelar Magister Pendidikan Sains (M.Pd.) yang berpotensi sebagai akademisi, guru, dosen, konsultan pendidikan, peneliti, dan pengembang keilmuwan pendidikan dengan ciri:

  1. Menguasai teori pedagogi dan andragogi bidang pendidikan IPA berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) dan metodologi penelitian serta secara kreatif dan inovatif menggunakannya untuk menyelesaikan masalah bidang Pendidikan IPA/Sains baik secara multi maupun interdisipliner. 

  2. Terampil berkomunikasi dalam keilmuannya di tingkat nasional maupun internasional.

  3. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri pada bidang keilmuannya secara terus menerus dan berkelanjutan.

  4. Menjadi pelopor dan agen perubahan dalam pendidikan IPA di tingkat lokal, nasional, dan internasional.   

  5. Memiliki karakter jujur, mandiri, peduli, tangguh, dan berjiwa pemimpin dan memiliki kemampuan mengembangkan diri secara terus menerus.


Standar Kompetensi Lulusan (SKL) atau Program Education Outcomes (PEO) Program Studi Magister Pendidikan Sains adalah menghasilkan lulusan dengan atribut sebagai berikut.  


PEO.1

Mampu mengelola riset pendidikan IPA/Sains dan pengembangannya untuk memecahkan permasalahan pendidikan yang berkembang di masyarakat melalui pendekatan multi maupun interdisipliner.

PEO.2

Mampu mengembangkan IPTEKS dalam bidang keilmuan Pendidikan IPA/Sains dan praktek profesionalnya berbasis riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, utamanya pengembangan perangkat pembelajaran IPA serta mendapat pengakuan tingkat nasional maupun internasional.

PEO.3

Mampu membangun jejaring kerjasama yang saling menguntungkan dalam mengimplementasikan IPTEKS dalam bidang pendidikan IPA dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

PEO.4

Sebagai individu yang memiliki etika profesi dan berkarakter yang mampu mengembangkan diri secara terus menerus dan berkelanjutan melalui pendidikan, pelatihan, dan/atau kegiatan pengembangan diri yang lain baik formal maupun informal. 


Standart Kompetensi Lulusan, dinyatakan dalam capaian pembelajaran lulusan (CPL) atau Program Learning Outcomes (PLO). Capaian pembelajaran Prodi S2 Pendidikan Sains mengacu pada aspek pengetahuan (P), keterampilan umum (KU), keterampilan khusus (KK), dan sikap (S). Hasil evaluasi capaian PLO dapat dilihat pada grafik berikut.:

 Keterangan:

PLO-1 : Menguasai filsafat pendidikan IPA sebagai landasan berpikir dalam mengembangkan inovasi yang unggul di bidang pendidikan IPA. 

PLO-2  : Mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang fisika, kimia, biologi, dan IPA didukung IT yang mutakhir.

PLO-3 : Menguasai teori pedagogi dan andragogi dalam bidang pendidikan IPA dan mampu mengemas pembelajaran IPA melalui kerangka TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge).

PLO-4 : Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang IPA melalui kajian keilmuan serta menyusun konsepsi dan kajian ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis.

PLO-5  : Menguasai metodologi penelitian pengembangan berdasarkan isu terkini, melakukan penelitian ilmiah untuk memecahkan permasalahan pendidikan IPA melalui pendekatan multi dan interdisipliner, serta  mendokumentasikan dan mengomunikasikannya melalui jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, atau media lain kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.    

PLO-6 : Mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja untuk meningkatkan kapasitas diri dalam lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

PLO-7 : Merancang dan mengevaluasi kurikulum pendidikan IPA untuk mengembangkan inovasi-inovasi pembelajaran yang lebih efektif. 

PLO-8 : Merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar, LKPD, media, dan/atau instrumen penilaian) yang inovatif untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. 

PLO-9  : Merancang lingkungan belajar IPA yang kondusif untuk melaksanakan  kegiatan pembelajaran aktif dan melakukan refleksi untuk mengetahui kefektifannya.  

PLO-10 : Mewujudkan karakter jujur, mandiri, peduli, tangguh, dan berjiwa pemimpin dan memiliki kemampuan mengembangkan diri secara terus menerus dan berkelanjutan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.



Rata-rata pencapaian PLO Prodi S2 Pendidikan Sains dapat dilihat pada diagram berikut:


Rata-rata pencapaian PLO Prodi S2 Pendidikan Sains pada kategori sangat baik mencapai 57%, kategori baik mencapai 41%, dan kategori cukup mencapai 2%. Dengan demikian kategori pencapaian PLO Prodi S2 Pendidikbaik.an Sains sudah mencapai kategori sangat baik.